jika kamu seorang pebisnis atau pengusaha, pastinya kamu sudah melakukan Analisis SWOT terlebih dahulu. Apa sih Analisis SWOT itu sebenarnya?
Nah, Analisis SWOT adalah sebuah teknik analisis yang bertujuan untuk mengevaluasi kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) dalam bisnis kamu.
Teknik ini sering digunakan di perusahaan atau organisasi secara umum, dan juga pada proyek tertentu. Analisis SWOT populer dikalangan konsultan bisnis, dan bahkan sudah digunakan sejak tahun 1960 dan 1970 oleh Albert Humphrey untuk menganalisis perusahaan dalam daftar Fortune 500.
Analisis SWOT dapat digunakan untuk mengetahui seberapa baik kinerja bisnis kamu, serta sebagai tolak ukur keberhasilan. Dengan melakukan analisis SWOT, kamu dapat memprioritaskan pekerjaan yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kamu.
Jadi, jika kamu ingin mengembangkan bisnis kamu lebih jauh, pastikan kamu sudah melakukan analisis SWOT terlebih dahulu ya!
Dengan melakukan analisis SWOT, kamu bisa mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang mungkin dihadapi oleh sebuah perusahaan atau lembaga.
Dalam penerapannya, analisis SWOT ini nggak cuma bisa dipakai untuk perusahaan yang mencari laba, tapi juga bisa dipakai oleh organisasi non-profit atau lembaga pemerintahan. Asyik banget, kan?
Nah, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan melakukan analisis SWOT, di antaranya adalah:
- Menganalisis kondisi internal dan eksternal lembaga
- Mengetahui posisi sebuah lembaga di lingkungan sekitarnya
- Menyelidiki kemampuan sebuah perusahaan dalam bersaing dengan kompetitornya
- Mendapatkan informasi tentang kondisi internal dan eksternal perusahaan
Intinya, dengan melakukan analisis SWOT, kamu bisa mendapatkan banyak informasi penting yang bisa membantumu mencapai tujuan yang diinginkan.
Tujuan SWOT
Pembahasan berikutnya adalah mengenai tujuan dari SWOT itu sendiri. SWOT memiliki tujuan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang sampai dengan ancaman di suatu Perusahaan atau lembaga.
Selain daripada itu, analisis SWOT bisa menggambarkan dan menunjukan kepada Anda seperti situasi yang sedang dihadapi atau bahkan yang nantinya akan dihadapi secara langsung oleh Perusahaan.
Komponen Analisis SWOT
SWOT merupakan singkatan dari Strengths, weaknesses, Opportunities, dan Threats yang memiliki makna yang berbeda dari masing-masing komponen tersebut.
Faktor Internal
Dalam analisis SWOT, ada faktor internal yang terdiri dari berbagai hal seperti pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, penelitian dan pengembangan, dan lain sebagainya.
Dari faktor internal tersebut, terdapat komponen analisis SWOT yang terdiri dari kekuatan dan kelemahan.
Kekuatan atau Strengths
Adalah hal-hal positif yang dimiliki oleh Perusahaan, seperti aset, pegawai, modal, teknologi, dan lain sebagainya.
Ini adalah kualitas yang dapat membuat bisnis atau Perusahaan lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Kamu bisa membuat list daftar kekuatan apa saja yang diketahui untuk membedakan kualitas bisnismu dengan kompetitor.
kelemahan atau Weaknesses
Adalah sisi negatif dari Perusahaan, seperti proses bisnis, jenis material, kualitas SDM, dan lain sebagainya. Dalam menganalisis kelemahan, diharapkan untuk jujur pada diri sendiri agar mengetahui secara keseluruhan apa saja kelemahan yang terdapat di Perusahaan atau bisnis Anda. Misalnya seperti kekurangan tim teknis yang sangat handal dan lain sebagainya yang tentunya harus mengikuti sesuai dengan perkembangan zaman saat ini.
Jadi, dengan analisis SWOT, kamu bisa mengetahui kekuatan dan kelemahan Perusahaan atau bisnis serta membuat strategi yang tepat untuk mengatasi kelemahan dan meningkatkan kekuatan.
Faktor External
Selain terdapat faktor internal, Analisis SWOT juga tergantung pada faktor external yang melekat erat dengan kondisi yang terjadi di luar Perusahaan tetapi akan mempengaruhi dalam mengambil keputusan.
Misalnya seperti sosial budaya, politik dan lain-lain sampai pada akhirnya faktor external ini berpengaruh terhadap terbentuknya opportunity dan threat, simak sebagai berikut.
Opportunities (Peluang)
Opportunities atau peluang merupakan sebuah faktor secara external yang tentu saja berpengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis Anda.
Misalnya seperti kesempatan promosi, meningkatnya jumlah permintaan, situasi pasar yang baik, ekonomi dan lain sebagainya.
Selain daripada itu, Silahkan kamu coba untuk membuat list program perencanaan dari awal pembuatan bisnis.
Setelah itu, kamu bisa diperbarui setiap 3-6 bulan sekali agar Anda bisa menganalisis program mana yang paling efektif untuk Anda gunakan kedepannya.
Threats (Ancaman)
Terakhir adalah Threats merupakan sebuah ancaman yang nantinya harus dihadapi oleh Perusahaan atau pemilik bisnis untuk menjalankan sebuah rencana ataupun meraih suatu target.
Misalnya seperti tren pasar yang mulai lemah, perilaku konsumen yang menurunkan permintaan atau bahkan sosial yang tidak mendukung usaha Anda.
Intinya faktor apapun itu yang berkaitan dari external akan berpotensi membahayakan masa depan Perusahaan kedepannya.
Strategi perpaduan SWOT
Taukah kamu, berdasarkan analisa, kamu bisa mengkombinasikan strategi SWOT dari dua point SWOT untuk menentukan langkah strategi terhadap bisnis kamu.
Contohnya, kamu bisa fokus pada kekuatan dan peluang (Strengths-Opportunities) yang nantinya akan mendapatkan alternatif ofensif dengan menggunakan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang eksternal. Atau, kamu bisa fokus pada kelemahan dan ancaman (Weakness-Threats) untuk meraih banyak pilihan defensif dengan memanfaatkan kelemahan internal untuk mengurangi ancaman eksternal.
Selain itu, dengan menggunakan kekuatan internal (Strengths) yang nantinya akan mengurangi ancaman dari external (Threats), atau dengan menopang kelemahan dari sisi internal dengan tujuan untuk mengambil keuntungan dari kesempatan dari sisi eksternal (Weakness-Opportunities).
Dengan menggunakan analisis SWOT, kamu bisa melakukan analisis terhadap bisnis atau produk yang ada di perusahaan kamu. Sehingga bisa mengetahui kekuatan, kelemahan, dan peluang yang terdapat pada bisnis kamu. Dan juga bisa meminimalisir kelemahan tersebut menjadi sebuah kekuatan yang sempurna dan mengetahui peluang yang bagus untuk perusahaan atau bisnis di masa depan.
Dengan menerapkan analisis SWOT, kamu bisa mengetahui apa saja yang mengancam pemasaran produk dan bisa dihindari atau diatasi nantinya.
Kesimpulannya, analisis SWOT sangat diperlukan untuk pengembangan bisnis karena bisa menganalisa secara keseluruhan dari kekuatan, kelemahan, peluang sampai dengan ancaman yang tentunya sangat berguna untuk perkembangan bisnis di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat ya!
we deliver not just an implementation, but we deliver value for your company