Brand positioning adalah strategi bisnis untuk lebih dekat dengan pelanggannya. Salah satu caranya adalah meninggalkan kesan menarik ke pelanggan melalui strategi pemasaran yang tepat.
Kunci sukses penerapan strategi brand positioning adalah bisnis harus menonjolkan keunikan brandnya sendiri yang bisa membedakan dari kompetitor. Saat ini, banyak bisnis memilih untuk memanfaatkan tools marketing seperti WhatsApp dalam membangun branding di mata pelanggan.
Apa sih Brand Positioning?
Brand positioning adalah teknik memposisikan brand bisnis sehingga mudah dikenali pelanggan. Teknik ini menggambarkan sejauh mana sebuah merek dianggap menguntungkan, berbeda, dan kredibel di mata pelanggan.
Brand positioning bukan sekedar membuat tagline atau logo bisnis saja, namun lebih jauh yakni suatu strategi yang membedakan bisnis Anda dengan kompetitor.
Strategi brand positioning dimulai dari merancang penawaran dan membuat citra perusahaan sehingga bisnis Anda diterima oleh masyarakat. Beberapa cara yang dilakukan mulai dengan memainkan posisi pada harga, promosi, distribusi, pengemasan, dan lainnya.
Apa saja Jenis-Jenis Brand Positioning?
Ada beberapa jenis brand positioning yang perlu diketahui seperti berikut ini:
- Price-based positioning
Brand positioning ini fokus pada penetapan harga yang unik untuk produk mereka. Misalnya Anda bisa menawarkan produk dibawah atau lebih murah dibandingkan harga pasar. Hal ini biasanya berhasil mendatangkan lebih banyak pelanggan, sebab hampir semua pelanggan menyukai sesuatu yang murah.
- Convenience-based positioning
Selanjutnya jenis brand positioning ini lebih menitik beratkan pada kenyamanan produk atau layanan. Salah satu caranya adalah dengan memberikan kenyamanan untuk pelanggan mulai dari lokasi pembuatan produk, kemudahan penggunaan, aksesibilitas, dukungan di berbagai platform, dan banyak lagi. Memberikan kenyaman dapat memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan sekaligus meningkatkan loyalitas mereka.
- Quality-based positioning
Kualitas produk menjadi fokus utama jenis quality-based positioning ini. Kualitas produk dapat dilihat dari proses pembuatan yang rumit, bahan baku berkualitas tinggi, biaya produksi yang lebih mahal dan lainnya. Maka dari itu, harga yang ditawarkan lebih mahal, pelanggan juga tidak keberatan untuk membelinya.
Apa saja Manfaat Membangun Brand Positioning?
Brand positioning bertujuan menciptakan kesan pada pelanggan, sekaligus mempromosikan sebuah produk. Dengan melakukan penempatan produk secara terus menerus, maka produk tersebut akan semakin dikenal luas di masyarakat yang berimbas pada peningkatan penjualan.
Brand positioning ini tidak hanya dapat dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar, tetapi para UMKM juga bisa menggunakan strategi ini untuk menjalankan bisnisnya contoh usaha umkm hijab . Hal ini tak lepas dari banyaknya manfaat brand positioning adalah sebagai berikut:
– Menawarkan Produk Berbeda
Tujuan utama positioning adalah membuat produk unik sehingga membedakan dengan kompetitor. Dengan menawarkan produk berbeda, diharapkan pelanggan akan tertarik dan mempertimbangkan untuk membeli produk dari brand Anda.
– Memudahkan Pelanggan Mengambil Keputusan
Manfaatkan penempatan produk dengan mendefinisikan produk Anda dengan penjelasan yang dapat mempengaruhi pelanggan. Saat produk yang Anda tawarkan berhasil menjawab pertanyaan atau permintaan yang mereka cari, maka mereka dengan cepat akan mempercayainya dan mulai membeli dari Anda.
– Menambah Nilai Jual Produk
Brand positioning yang bagus bisa menambah nilai yang tinggi atas produk mereka sehingga membuat pelanggan ingin membelinya. Meskipun harga yang Anda tawarkan bukan termurah di pasar.
Bagaimana Strategi Penerapan Brand Positioning yang Kuat?
Pastikan Anda tahu pasti siapa saja dan persona yang seperti apa yang diminati target pelanggan Anda. Selain itu juga kenali baik produk yang Anda miliki sebelum mulai menyusun posisi brand Anda.
Kesalahan yang seringkali terjadi adalah menganggap taglines atau slogan dari brand Anda sebagai positioning. Positioning harus selalu kembali ke pernyataan mengenai produk Anda, sehingga lama-kelamaan persepsi pelanggan mengenai produk Anda akan terbentuk dengan sendirinya.
Ikuti beberapa strategi penerapan brand positioning untuk menjadi lebih kuat
- Tentukan bagaimana persepsi yang sudah beredar di tengah masyarakat
Jika Anda sudah cukup lama berada di tengah marketplace, maka saat yang tepat bagi Anda untuk mengumpulkan feedback dari mantan customer atau klien Anda saat ini mengenai pandangan mereka terhadap brand Anda. Dari sini, Anda dapat menarik kesimpulan mengenai apa sebenarnya brand Anda bagi masyarakat luas.
- Kenali siapa saja kompetitor brand Anda
Tidak hanya kompetitor secara general dengan sedikit kesamaan di bidang strategi dan target market, namun kerucutkan hingga kompetitor yang langsung berhadapan dengan Anda karena sifat brand yang bisa dibilang serupa dan menjadi alternatif satu sama lain.
Dengan mengenal bagaimana kompetitor Anda berhasil dan mencoba menemukan apa yang membuat brand Anda lebih unggul dan fokus di hal tersebut, maka brand Anda dapat melampaui pesaing Anda tersebut di mata customer Anda.
- Berfokuslah pada ide-ide brand positioning yang memberikan manfaat nyata
Apa yang membuat customer akan merasa nyaman dan pas dengan brand Anda? Apa yang Anda tawarkan yang akan membantu customer menemukan solusi dari masalahnya? Di sinilah Anda harus benar-benar merancang strategi untuk menciptakan positioning yang bermanfaat. Memiliki manfaat berupa informasi atau solusi akan selalu membuat customer memilih brand Anda.
- Buatlah brand statement yang jelas
Brand statement merupakan satu atau dua kalimat deklarasi yang menyampaikan keunikan dari brand Anda kepada pelanggan dibandingkan dengan kompetitor utama Anda. Berikut rumusan yang dapat Anda terapkan:
Bagi (target customer Anda) yang (kebutuhan target customer Anda atau kesempatan yang dikejar oleh target customer Anda), (nama produk atau brand Anda) adalah (golongan produk atau brand Anda) yang (manfaat dari produk atau brand Anda, yang juga akan meyakinkan customer mengenai brand Anda), tidak seperti (alternatif selain brand Anda), produk brand kami (pernyataan mengenai hal yang membuat brand berbeda).
- Tonjolkan kelebihan Produk
Setiap produk yang dibuat pasti memiliki manfaat. Disini Anda harus membuat produk yang dijual terlihat lebih menonjol manfaatnya lebih dari produk pesaing. Coba Anda buat produk tersebut memiliki penambahan manfaat dibanding pesaing. Hal ini membuat pelanggan akan berpikir, produk Anda jauh lebih unggul manfaatnya.
- Buat Kemasan atau Atribut Produk Unik
Mungkin Anda pernah melihat banyak produk sejenis dijual di pasaran. Misalnya produk minuman susu kemasan. Minuman susu tersebut dibuat dengan menggunakan kemasan berbeda berupa botol, kaleng, atau karton dengan berbagai design. Hal ini akan memberikan pelanggan pilihan, produk mana yang menarik bagi mereka untuk dibeli.
- Sesuaikan Besaran Harga dan Kualitas Produk
Penerapan strategi penetapan harga ini tidak hanya fokus pada harga yang murah saja. Sebaiknya Anda bisa menentukan harga produk diimbangi juga dengan kualitasnya. Apabila produk Anda memiliki kualitas yang baik dengan harga terjangkau dari para pesaing, tentu pelanggan akan lebih tertarik kepada produk Anda.
- Tentukan Penempatan Iklan yang Tepat
Promosi brand melalui iklan membantu meningkatkan kredibilitas dan memperkuat merek yang dimiliki. Dengan menempatkan iklan yang tepat bisa mempertahankan pelanggan untuk terus mempercayai produk atau brand yang dibuat.
- Lakukan Pengujian pada Pasar
Uji strategi Anda pada pelanggan atau target pasar yang dituju. Apakah sudah cukup efektif atau masih ada yang kurang? Jika hasil yang didapat masih di bawah ekspektasi, artinya Anda harus melakukan evaluasi terkait strategi yang tepat.
- Gunakan Tools yang Tepat
Untuk membangun brand positioning yang kuat, selain strategi yang tepat. anda juga membutuhkan sebuah tools marketing yang bagus. Dimana tools tersebut akan memudahkan Anda dalam membangun awareness. Misalnya dengan menerapkan WhatsApp Positioning, tools ini akan memudahkan Anda untuk berinteraksi dengan pelanggan. Selain strategi yang tepat. dibutuhkan juga tools yang tepat dalam membangun brand positioning yang baik.
we deliver not just an implementation, but we deliver value for your company