Permission marketing adalah konsep pemasaran yang dicetuskan oleh Seth Godin, sosok yang telah menulis banyak buku best seller tentang marketing.
Yang dimana suatu bentuk periklanan di mana audiens yang dituju diberikan pilihan untuk memilih untuk menerima pesan promosi.
Marketing Insider Group menyatakan bahwa konsep atau pendekatan marketing ini mampu meningkatkan efisiensi strategi pemasaran yang dilakukan.
Seperti namanya yang terdengar cukup unik, konsep ini juga lumayan menarik.
Penasaran bagaimana konsep permission marketing ini?
Tenang, ALTITUDEID akan jelaskan semuanya dalam artikel ini.
Langsung saja simak penjelasannya berikut ini, ya.
Apa Itu Permission Marketing?
Permission marketing adalah nama sebuah konsep marketing yang pertama kali muncul tahun 1999.
Seth Godin, seorang pakar marketing dan bisnis memaparkan konsep ini lewat bukunya yang berjudul Permission Marketing: Turning Strangers into Friends and Friends into Customers.
Menurut HubSpot, konsep pemasaran ini berpusat pada kerelaan atau izin dari pelanggan sebelum menawarkan sesuatu.Hal yang dikirim pada pelanggan bisa promosi, penawaran, pengumuman, dan lain-lain.
Jadi, seseorang diberi kebebasan untuk memilih, dan marketer tidak boleh memaksakan promosinya.Salah satu contoh dari permission marketing yaitu subscription atau berlangganan. Tentu kamu pernah melihat penawaran ini atau mungkin kamu sudah berlangganan dengan suatu brand.
Saat ini, banyak brand yang menawarkan opsi berlangganan.Misalnya, kamu mendaftar untuk subscribe newsletter sebuah brand.Karena hal itu, brand tersebut akan mengirimkan email promosi dan lain-lain ke inbox-mu.Akan tetapi, kalau tidak berlangganan, kamu tidak akan menerima apapun alasannya karena izin dari pelanggan belum diberikan.
Melansir Investopedia, konsep permission marketing sering dianggap sebagai kebalikan dari direct marketing yang biasanya lebih sering digunakan para marketer.
Contoh-contoh dari permission marketing adalah:
email marketing
chatbot marketing
web push notification
SMS marketing
Sejak pertama diungkap, permission marketing adalah konsep yang masih digunakan sampai saat ini.
Bahkan, permission marketing semakin nyata manfaatnya.
- Meningkatkan lead berkualitas
Ketika seseorang sudah mengatakan bahwa ia bersedia diinformasikan tentang produk mu, berarti ada ketertarikan untuk membeli.
Jadi, engagement-nya bisa lebih tinggi dan kemungkinan konversi pun lebih besar.
Nah, orang-orang ini disebut sebagai high quality leads.
- Marketing lebih relevan
Dengan kelompok orang yang tertarik dengan produkmu, mengatur strategi marketing pun semakin mudah, khususnya dengan personalized marketing campaign.
Pasalnya, orang-orang ini cenderung memiliki karakteristik dan perilaku yang mirip.
- Biaya lebih rendah
Permission marketing adalah strategi yang bisa menekan biaya pengeluaran.Dengan automation, upaya marketing-mu bisa lebih murah dan bahkan lebih efisien.
- Meningkatkan loyalitas dan reputasi
Dengan permission marketing, pelanggan yang menerima promosimu akan lebih menerima.
Angka penolakan akan semakin kecil dan penjualan bisa meningkat lebih cepat.
Semakin baik strategi marketing-mu, brand akan semakin dekat dengan pelanggan dan reputasinya pun jadi positif.
Kekurangan dari cara ini
- Mendapatkan persetujuan tidak selalu mudah
Kunci dari permission marketing adalah izin atau persetujuan pelanggan.Nah, tidak semua orang mau berlangganan atau memberikan persetujuannya begitu saja.Jadi, komunikasi dan promosi yang efektif menjadi penting untuk membuat mereka tertarik.
- Lead lebih sedikit
Dibanding metode marketing lainnya, permission marketing menyaring lead yang lebih sedikit.Akan tetapi, kualitas masing-masing lead memang lebih tinggi.Jadi, prospeknya lebih baik untuk marketing jangka panjang.
- Proses lebih lama
Untuk membuat seorang lead melakukan pembelian, dibutuhkan waktu yang lebih lama.Pasalnya, proses menarik calon pelanggan hingga memberikan izinnya tidak dapat dilakukan secara instan Meskipun begitu, jumlah orang yang terkonversi kemungkinan lebih banyak.
Secara garis besar, permission marketing adalah konsep pemasaran yang lebih hemat namun menghasilkan keuntungan yang lebih besar.Selain itu, hubungan antara brand dan pelanggan pun lebih baik, sehingga ketika ada produk atau penawaran baru, penjualan bisa terjadi lebih mudah dan banyak.
we deliver not just an implementation, but we deliver value for your company
#ALTITUDEID #erpsolution #erp #erpsoftware #bisnis #bisnisindonesia #2023antiresesi #2023startstrong #altitudeid #brandpositioning #microsoftdynamics #businesscentral #softwareerp #erp