Sistem pengelolaan persediaan barang  telah menjadi bagian yang sangat penting dalam penjualan ritel, grosir, F&B, dan berbagai industri lainnya yang melibatkan pengelolaan stok barang. Sistem ini pada awalnya hanya berfungsi sebagai spreadsheet sederhana untuk melacak persediaan di gudang, namun kini fungsi sistem manajemen inventaris otomatis menjadi semakin beragam karena dapat mempermudah pengelolaan inventaris perusahaan.

Perusahaan sekarang ini banyak menggunakan sistem karena manfaat dari software inventory yang terbaik dapat memberikan dampak positif ke perusahaan. Anda dapat mengefektifkan pengelolaan stok di setiap lokasi secara otomatis dengan Inventory Management System yang dapat diimplementasikan  ALTITUDEID melalui Software ERP Microsoft Dynamics 365 Business Central.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang sistem pengelolaan persediaan barang beserta manfaat, fitur mari kita lebih dahulu mengetahui apa itu sistem pengelolaan persediaan barang.

Apa Itu sistem pengelolaan persediaan barang?

sistem pengelolaan persediaan barang adalah kombinasi teknologi (perangkat keras dan lunak) serta prosedur untuk pemantauan dan pemeliharaan barang-barang yang disimpan suatu perusahaan. 

Barang-barang ini bisa merupakan aset perusahaan, bahan baku, atau produk jadi yang siap dikirim ke vendor atau konsumen akhir.

Istilah pengelolaan stok atau lebih sering dikenal dengan sistem pengelolaan persediaan barang sekumpulan proses pengelolaan dan juga pengontrolan seluruh persediaan barang atau produk yang akan segera didistribusikan oleh perusahaan kepada para konsumennya. Sekarang ini, banyak perusahaan mulai menggunakan aplikasi Software sistem pengelolaan persediaan barang terunggul ini dalam perusahaan mereka.

Bagaimana Sistem Pengelolaan Barang dapat membantu Proses Bisnis Anda?

Di perusahaan-perusahaan besar, biasanya barang terlebih dahulu berada pada area penerimaan gudang dalam bentuk bahan baku atau komponen-komponen.

Kemudian perusahaan memindahkannya ke dalam tempat penyimpanan stok atau rak.

Sementara pada perusahaan-perusahaan yang lebih kecil, perusahaan dapat menerima barang dan bisa langsung menaruhnya di tempat penyimpanan stok. Karena hal ini banyak perusahaan yang beralih menggunakan software sistem pengelolaan persediaan barang terbaik dalam manajemen persediaannya.

Perusahaan kemudian mengambil barang-barang tersebut dari area stok dan memindahkan ke fasilitas produksi untuk memproses bahan-bahan baku menjadi barang jadi. Selanjutnya, perusahaan dapat meletakkan barang jadi kembali ke rak-rak terlebih dahulu atau mengirimkan langsung ke pelanggan. 

Dengan menggunakan sistem, perusahaan akan dapat merasakan manfaat penggunaan Software Inventory yang handal. Saat ini, kebanyakan software stok barang dapat diintegrasikan dengan sistem-sistem lainnya seperti sistem akuntansi, sistem pembelian, dan bahkan menjadi salah satu bagian dari sistem ERP andalan salah satu contohnya yang memiliki fitur ini adalah microsoft Dynamics 365 business central, dengan fitur  sistem pengelolaan persediaan barang yang canggih memungkinkan perusahaan untuk mengelola persediaan mereka yang disimpan di banyak gudang yang tersebar di beberapa lokasi.

Manfaat Utama sistem pengelolaan persediaan barang

Jadi, apa yang membuat banyak perusahaan untuk memilih mengotomatiskan pengelolaan inventarisnya dengan menggunakan software stok barang? Seperti yang telah Anda ketahui di atas bahwa sistem pengelolaan persediaan barang merupakan proses yang kompleks, yang menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya apabila berjalan secara manual.

sistem pengelolaan persediaan barang dapat menyederhanakan proses pengelolaan persediaan yang kompleks, seperti pengecekan inventaris, pemesanan barang dari pemasok, pengambilan dan pengepakan barang, penghitungan nilai inventaris, prediksi kebutuhan inventaris, pelacakan pengiriman pesanan, dan masih banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa manfaat utama sistem pengelolaan persediaan barang yang juga menjadi alasan bagi banyak perusahaan untuk beralih menggunakan solusi otomatis ini.

  1. Penyimpanan data terpusat

Semakin banyak lokasi stok yang harus Anda kelola, semakin sulit Anda mengelola pesanan dan melacak ketersediaan stok yang Anda miliki. Dengan sistem pengelolaan persediaan barang yang memadai, Anda akan dapat mengetahui ketersediaan barang dan menemukan lokasinya hanya dalam hitungan detik, bahkan sekalipun barang berada di gudang atau toko yang berbeda. Anda juga dapat memproses pesanan dan melacak kurir pengiriman melalui sistem yang sama.

  1. Stock control

Stock control (atau inventory control) adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam menyediakan stok barang yang dibutuhkan untuk memenuhi permintaan konsumen. Software stok barang memungkinkan Anda untuk mengawasi ketersediaan stok Anda dan memastikannya untuk selalu berada di tingkat yang mencukupi. Sistem akan memberikan notifikasi ketika persediaan Anda sudah menipis sehingga Anda dapat segera melakukan pemesanan ulang.

  1. Sistem pengelolaan persediaan barang dapat meningkatkan efisiensi

Dengan sistem pengelolaan persediaan barang, berbagai aktivitas kompleks yang termasuk dalam penanganan stok dapat berjalan menjadi lebih sederhana. Laporan inventaris bulanan hingga tahunan dapat selesai dalam hitungan detik. Ini adalah sesuatu yang mustahil jika proses tersebut berjalan secara manual.

  1. Produktivitas yang optimal

Karena berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan pengelolaan inventaris telah diotomatiskan, maka karyawan Anda dapat lebih fokus pada tugas-tugas lain yang tidak kalah penting. Mereka tidak perlu lagi terjebak pada satu pekerjaan yang memakan waktu lama seperti pencatatan jumlah stok atau pembuatan laporan dengan spreadsheet.

  1. Penghematan biaya

Solusi manajemen inventaris menjauhkan perusahaan dari kerugian finansial akibat dari berbagai human error, penyimpanan stok yang berlebihan, pembelian barang yang tidak perlu, kompensasi untuk keterlambatan pengiriman, dan lain-lain. Dengan satu sistem yang terpusat dan terintegrasi, Anda tidak perlu menghamburkan uang untuk membeli sistem tambahan untuk mengelola persediaan Anda.

  1. Perkiraan & perencanaan yang akurat

sistem pengelolaan persediaan barang membantu Anda menjadi lebih proaktif ketika merencanakan dan memprediksi kebutuhan inventaris Anda. Dengan laporan inventaris yang lengkap dan akurat, Anda dapat mengetahui produk yang paling populer, produk yang sepi peminat oleh konsumen, dan seberapa banyak barang yang harus Anda sediakan pada waktu yang akan datang. Selain itu juga dapat mengetahui pemasok mana yang paling menguntungkan dan berbagai informasi penting lainnya yang membantu meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Fitur-fitur Utama dalam Sistem Inventory

Perlu diingat bahwa tidak semua sistem pengelolaan persediaan barang memiliki fitur-fitur yang sama.  banyak gudang dan sebagian hanya memungkinkan penggunanya untuk mengelola stok barang di satu lokasi. Terlepas dari penyedianya, berikut ini adalah beberapa fitur utama yang harus ada dalam sistem manajemen inventaris yang baik untuk membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang Anda jalani:

  1. Manajemen stok

Fitur ini membantu pengguna untuk memantau pergerakan stok dari satu lokasi ke lokasi lain. Ketika barang keluar dari gudang atau toko, maka fitur ini akan secara otomatis mengurangi jumlah stok yang dimiliki (inventory on hand). Dengan fitur yang tersedia dalam manajemen stok, juga dapat membantu mengoptimalkan kontrol inventaris yang dapat membantu mencegah penimbunan stok di gudang.

  1. Manajemen procurement

Dalam fitur sistem inventory gudang yang telah terintegrasi oleh software procurement, pengguna dapat mengatur jumlah minimum stok dan menyalakan notifikasi yang akan memberi tahu jika persediaan sudah mencapai tingkat minimum sesuai dengan pengaturan pengguna. Pengguna kemudian dapat langsung melakukan pemesanan ulang secara otomatis ke supplier.

  1. Manajemen supplier

Fitur ini berfungsi menyimpan seluruh informasi lengkap terkait pemasok. Dengan menggunakan fitur dari sistem inventory gudang, pengguna dapat dengan mudah menemukan pemasok dan membandingkan penawaran dari satu pemasok dengan pemasok lainnya.

  1. Laporan inventaris

Software Manajemen Inventaris yang baik akan menyediakan alat pelaporan canggih yang menunjukkan data analitik lengkap tentang pergerakan stok, valuasi stok, jumlah stok, inventory turnover, dan masih banyak lagi. Dengan data yang akurat, maka pemangku kepentingan di perusahaan dapat membuat keputusan bisnis yang lebih baik.

 

Bagaimana Cara sistem pengelolaan persediaan barang Bekerja untuk Bisnis?

sistem pengelolaan persediaan barang bekerja untuk mengelola inventory secara efektif dan efisien. Software ini berintegrasi dengan sistem-sistem lainnya guna menunjang seluruh aktivitas operasional perusahaan.

Terdapat empat sistem yang terintegrasi dengan software manajemen inventaris ini, yaitu sistem akuntansi ERP , sistem pembelian, sistem POS, dan CRM sales. Tentunya seluruh sistem yang telah terintegrasi tersebut membuat seluruh kegiatan operasional menjadi lebih mudah dalam melakukannya.

Kesimpulan

Jadi, secara singkat, sistem pengelolaan persediaan barang adalah sistem yang dirancang untuk membantu bisnis persediaan barang mereka atau mengotomatiskan pengelolaan inventory dengan sebuah sistem inventaris, baik itu aset mereka sendiri maupun barang dagangan. 

Implementasi software sistem pengelolaan persediaan barang yang lebih mudah dan fleksibilitasnya yang lebih baik akan sangat membantu perusahaan dalam scale-up bisnisnya.

ALTITUDEID berpengalaman dalam banyak membantu perusahaan dalam implementasi sistem pengelolaan persediaan barang  ini melalui software ERP dari Microsoft Dynamics 365 Business Central, sehingga dapat membantu dalam manajemen inventaris yang terintegrasi dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan setiap bisnis yang unik. 

ALTITUDEID juga menyediakan konsultasi gratis bagi Anda para pemimpin usaha yang berencana mengimplementasikan sistem pengelolaan persediaan barang pada bisnis .

Kami menyediakan solusi  ERP dengan teknologi mutakhir yang dapat mengotomatisasikan operasional harian bisnis Anda.

 

Your Value Creation 

we deliver not just an implementation, but we deliver value for your company

 

#ALTITUDEID #erpsolution #erp #erpsoftware #bisnis #bisnisindonesia #2023antiresesi #2023startstrong #altitudeid #brandpositioning #microsoftdynamics

#businesscentral #softwareerp #erp #inventory #manajemen

 

Join to newsletter.

Follow us by entering your email to join our newsletter.

Get a personal consultation.

Call us today at (021) 2230-6840

Request a Quote for your needs.