Herbelin, Perhiasan Istimewa dari Prancis, Memanfaatkan Data dan Alat Bisnis Microsoft untuk Meningkatkan Penjualan dan Efisiensi Produksi

 

Manajemen persediaan, pemesanan suku cadang, pelacakan pesanan, semuanya telah menjadi bagian yang tak terpisahkan di Herbelin. Perusahaan jam tangan terkenal ini, yang merayakan ulang tahun ke-75 tahun ini, selalu menjadikan data sebagai elemen sentral dalam strategi bisnisnya dan terus bertransformasi untuk tetap bersaing dengan pesaing utamanya dari Swiss dan Amerika. 

 

Kami dulunya menggunakan buku catatan, pensil, akuntansi dalam file, dan kemudian ERP pertama kami sekitar tiga puluh tahun yang lalu,” ungkap Cédric Gomez Montiel, CEO Herbelin. “Itu adalah saat kami menetapkan aturan dasar untuk pesanan produksi dan perhitungan harga. Sejak itu, kami terus memperbarui sistem.”

 

Perkembangannya sejak saat itu sungguh luar biasa. Sejak didirikan, perusahaan Prancis ini telah menghasilkan lebih dari 10 juta jam tangan dan menjadi salah satu nama terbesar dalam industri pembuatan jam tangan global. Produk-produknya, yang dirancang dan diproduksi oleh perusahaan ini di wilayah Jura, didistribusikan di lima puluh negara di seluruh dunia. “Data,” tegas Cédric Gomez Montiel, “memainkan peran di setiap tahap.”

 

Oleh karena itu, perusahaan ini menggunakan data penjualan dari Dynamics 365 Business Central dan data pasar sejak tahap konsepsi koleksi baru. “Kami merilis ratusan model setiap tahun,” lanjut CEO. “Data membantu kami memprediksi apa yang akan berhasil atau tidak. Kemudian ada fase penawaran. Karena perangkat lunak memungkinkan kami untuk secara akurat mengetahui harga komponen jam tangan masa depan, kami dapat menetapkan harga jual awal dengan cepat.

Data juga sangat berperan dalam manajemen rantai produksi. Herbelin memproduksi produk-produk luar biasa secara handmade. Setelah produksi awal yang bertujuan untuk mengisi persediaan perusahaan, jam tangan diproduksi dalam jumlah terbatas berdasarkan permintaan. “Waktunya cukup kompleks. Biasanya antara enam hingga tujuh bulan berlalu antara pesanan dan pengiriman suku cadang. Data memungkinkan kami untuk meramalkan pesanan dan membatasi ketidaktersediaan produk kami di toko.”

 

Pada akhir Juni, perusahaan menyelesaikan program penting, yaitu restrukturisasi perangkat lunak manajemen pesanan mereka. “Kami telah menggunakan Microsoft sebelumnya, tetapi kami beralih ke Dynamics 365 Business Central untuk merestrukturisasi ERP kami.

 

Kami juga bekerja pada dasbor yang dihasilkan oleh Microsoft Power BI serta Power Apps yang memungkinkan tim penjualan di lapangan untuk mengambil pesanan dan mengelola stok dengan lebih baik.” Aplikasi ini memberikan informasi kepada semua departemen perusahaan dan juga melacak jam tangan yang dikirim ke layanan purna jual.

 

Power Apps secara radikal mengubah cara kerja tim penjualan di lapangan. “Sebelumnya, jika seorang penjual mengirimkan jam tangan baru ke seorang pedagang perhiasan yang akan menjualnya pada hari yang sama, biasanya butuh empat hingga enam bulan bagi penjual untuk kembali dan barangnya menjadi tersedia kembali di toko. 

 

Sekarang, kami dapat memantau stok secara real-time, sehingga kami dapat lebih responsif di sisi produksi dan meningkatkan penjualan dengan segera.” Alat ini juga memungkinkan tim penjualan untuk mengetahui stok yang tersedia secara real-time di brankas perusahaan dan menyesuaikan penawaran mereka sesuai kebutuhan.

 

“Kami adalah merek yang sangat ekspos, sering muncul di media,” lanjut Cédric Gomez Montiel. “Menjadi target serangan siber adalah kemungkinan. Argumen lain yang mendukung Microsoft adalah tingkat keamanan yang ditawarkan oleh alat-alatnya, yang tidak akan mampu kami replikasi di dalam perusahaan.”

Beberapa minggu yang lalu, Herbelin mencapai tonggak baru dalam kisah kesuksesannya. Untuk pertama kalinya, perusahaan membuka toko penjualan langsung, ruang seluas 140 meter persegi di daerah Saint Germain des Prés yang sangat diminati. 

 

Tempat penjualan dan pameran ini juga memberikan peluang besar untuk pengumpulan data. “Secara historis, kami bergantung pada jaringan pedagang perhiasan mitra untuk menjual produk kami,” ungkap Cédric Gomez Montiel. “Selalu ada perantara antara kami dan pelanggan akhir. 

 

Toko ini memungkinkan kami benar-benar mengenal siapa konsumen kami. Ini sangat berharga untuk analisis data kami.” Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan teknologi Microsoft untuk “terhubung langsung” ke kasir pedagang perhiasan yang menjual produk Herbelin untuk lebih memahami konsumen dan lebih meningkatkan manajemen stok. “Inovasi-inovasi ini menghemat waktu kami, meningkatkan efisiensi, dan meminimalkan kesalahan,” demikian Cédric Gomez Montiel. “Proses-proses baru ini seharusnya memungkinkan kami meningkatkan pendapatan kami setidaknya sebesar 15 persen dan memperbaiki kas bersih kami dengan mengoptimalkan stok.”

 

Kesimpulan:

Herbelin, perusahaan jam tangan bersejarah dari Prancis, telah berhasil mengintegrasikan data ke dalam semua aspek bisnisnya. Dengan bantuan alat-alat Microsoft seperti Dynamics 365 Business Central, Power BI, dan Power Apps, mereka telah meningkatkan efisiensi manajemen persediaan, pesanan, dan produksi mereka. Perusahaan ini bertujuan untuk meningkatkan pendapatan mereka setidaknya sebesar 15 persen dalam beberapa tahun mendatang. Dengan semangat inovasi dan komitmen terhadap penggunaan data, Herbelin terus berkembang dalam industri jam tangan global.

Tim Altitude Solutions, dengan pengalaman lebih dari 20 tahun spesialis dalam menangani implementasi software ERP, khususnya Microsoft Dynamics 365 Business Central, adalah mitra yang dapat Anda percaya. Kami memiliki reputasi yang solid dan telah membantu banyak perusahaan sukses dalam perjalanan bisnis mereka.

 

Dengan menjadikan kami mitra dalam perjalanan Transformasi Digital Bisnis Anda kami akan membantu Anda mengambil keputusan terbaik dan mencapai kesuksesan yang lebih besar dalam bisnis anda kedepannya.

 

Your Value Creation 

we deliver not just an implementation, but we deliver value for your company

 

#ALTITUDEID#erpsolution#erp#erpsoftware #bisnis #bisnisindonesia #2023antiresesi #2023startstrong #altitudeid #brandpositioning #microsoftdynamics #businesscentral #softwareerp #erp #akuntansi

 

Artikel ini dilansir dari :

https://customers.microsoft.com/en-us/story/1668315214764006204-herbelin-retailers-power-bi-en-france

 

Join to newsletter.

Follow us by entering your email to join our newsletter.

Get a personal consultation.

Call us today at (021) 2230-6840

Request a Quote for your needs.